Selasa, 15 Mei 2012

Basis Poin ( wikipedia )

Sebuah basis poin (sering dilambangkan sebagai bp, bahasa sehari-hari disebut dalam bentuk jamak sebagai "BIPS", juga dikenal sebagai bip [1] ) adalah unit sama dengan 1/100 dari persentase poin [2] [3] atau salah satu bagian per sepuluh ribu . Unit yang sama juga (jarang) disebut permyriad (secara harfiah berarti 'untuk (setiap) segudang (sepuluh ribu) '), dan dalam konteks itu ditulis dengan U 2031 per sepuluh ribu tanda (HTML: ‱ ) [4] yang terlihat seperti tanda persen (%) dengan dua nol ekstra di akhir (seperti bentuk bergaya dari empat angka nol di penyebut , meskipun berasal sebagai perpanjangan alami dari persen (%) dan permille (‰) tanda-tanda).
Sebuah basis poin didefinisikan sebagai:
1 basis poin = 1 permyriad = satu seperseratus persen
1 bp = 1 = 0,01% = 0,1 ‰ = 10 -4 = 1/10000 = 0,0001
1% = 100 bp = 100
Hal ini sering, tetapi tidak eksklusif, digunakan untuk menyatakan perbedaan suku bunga kurang dari 1% per tahun. Misalnya, perbedaan dari 0,10% setara dengan perubahan dari 10 basis poin (misalnya tingkat 4,67% meningkat sebesar 10 basis poin menjadi 4,77%).
Seperti poin persentase , basis poin menghindari ambiguitas antara diskusi relatif dan tetap tentang suku bunga berurusan hanya dengan perubahan mutlak dalam nilai numerik dari tingkat satu. Sebagai contoh, jika laporan mengatakan telah terjadi "peningkatan 1%" dari tingkat bunga 10%, ini bisa mengacu pada peningkatan baik dari 10% menjadi 10,1% (relatif, 1% dari 10%), atau dari 10% sampai 11% (absolut, 1% ditambah 10%). Namun, jika laporan itu mengatakan telah terjadi "10 basis poin kenaikan" dari tingkat bunga 10%, maka kita tahu bahwa tingkat bunga 10% telah meningkat sebesar 0,10% (perubahan absolut) menjadi tarif 10,1%.
Ini adalah praktek umum di industri keuangan menggunakan basis poin untuk menunjukkan perubahan tingkat dalam instrumen keuangan , atau perbedaan ( spread ) antara dua suku bunga, termasuk hasil dari pendapatan tetap sekuritas .
Sejak tertentu pinjaman dan obligasi umumnya dapat dikutip dalam hubungan dengan beberapa indeks atau mendasari keamanan , mereka akan sering dikutip sebagai penyebaran atas (atau bawah) indeks. Sebagai contoh, pinjaman yang dikenakan bunga sebesar 0,50% per tahun di atas London Interbank Offered Tingkat (LIBOR) dikatakan 50 basis poin lebih LIBOR, yang umumnya dinyatakan sebagai "L bps +50" atau hanya "L +50".
"Titik dasar" memiliki asal-usul dalam perdagangan "dasar" atau penyebaran antara dua suku bunga. Karena dasar biasanya kecil, ini dikutip dikalikan oleh 10000, dan karenanya "titik penuh" gerakan "dasar" adalah titik dasar. Kontras dengan pip di pasar FX depan.
Hubungan antara perubahan persentase dan basis poin dapat diringkas sebagai berikut: perubahan 1% = 100 basis poin, dan 0,01% = 1 basis poin.
Jadi, ikatan yang hasil meningkat dari 5% menjadi 5,5% dikatakan meningkat 50 basis poin, atau suku bunga yang meningkat 1% dikatakan telah meningkat sebesar 100 basis poin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.